Transkrip Pembicaraan Kecurangan Pemilukada Jawa Timur

TRANSKIP PEMBICARAAN

HASIL REKAMAN SAKSI :

PEMBICARA 1 : SDR. EDY SUCIPTO

PEMBICARA 2 : SDR. MOH. NIZAR ZAHRO

KEPALA DESA PESANGGRAHAN KEC. KWANYAR

KABUPATEN BANGKALAN

 

ISI PEMBECIRAAN ;

 

 

Pembicara  1:      Hallo…

Pembicara  2:      Hallo ya mas..

Pembicara  1:      Suaranya kok kecil bun

Pembicara  2:      udah besar ini mas

Pembicara  1:      halo…

Pembicara  2:      halo halo

Pembicara  1:      ya..

Pembicara  2:      udah gede ini…

Pembicara  1:      oh ya gede ya…

Pembicara  2:      ya udah paling besar..

Pembicara  1:      oo ya…

Pembicara  2:      gitu ya….

Pembicara  1:      eh… ini lo…. Masalah .. saya ini kan. Pingin diajak ikut slametan ini kemenangan karsa ini lo….

Pembicara  2:      e… trus

Pembicara  1:      masak saya juga matian-matian ini melawan pak nyala kepaitan ya…dak

Pembicara  2:      ya sabar mas nanti jumat ke Surabaya besok nih

Pembicara  1:      ya endak gini kan kebetuan ada orang yang Tanya saya

Pembicara  2:      he eh

Pembicara  1:      yo opo kok iso kaji iku menang dadi kalah

Pembicara  2:      eh he…

Pembicara  1:      kita yang punya cerita itukan ada adik saya itu yang sutradaranya di bangkalan itu yang jelas

Pembicara  2:      mas aku aja yang telpon mas

Pembicara  1:      ya….

Pembicara  2:      saya aja yang telpon

Pembicara  1:      sayadah usah mas..

Pembicara  2:      he eh … terus terus…

Pembicara  1:      cerita aja sambil ngobrol saya makan sambel ini

Pembicara  2:      eh hehe(ketawa)

Pembicara  1:      nah.. ceritanya gitu

Pembicara  2:      he eh..

Pembicara  1:      kok iso bangkalan menang….

Pembicara  2:      he…

Pembicara  1:      madura yang lain menang hanya sumenep dengan ini sampang sama ini .. kok iso gitu lo..

Pembicara  2:      iya.

Pembicara  1:      critanyakan gitu

Pembicara  2:      he e he e trus…

Pembicara  1:      yang sebenarnya gimana ceritanya…saya bilang ajalah sopo intelektualnya disitu

Pembicara  2:      he he he (ketawa)

Pembicara  1:      itulah.. iku yo opo critane kok iso itu itu lo caranya

Pembicara  2:      trus sampean jawab gimana

 

Pembicara  1:      ya..dibuatnya saya nggak tau wong ini makanya saya kan diberitahukan untuk ini kan teman inikan kebetulan pendukung kaji lia…  ya nah terus bukan pendukung ini …

Pembicara  2:      karsa ?

Pembicara  1:      ya.. dimana yang dulu yang dulu juga … seperti sampean kan pendukung kaji sehigga bersentuhan dengan pak nyala

Pembicara  2:      he he…

Pembicara  1:      Mestinya sampean balik menangkan madura itu kan gitu

Pembicara  2:      iya…

Pembicara  1:      tapi critanya gimana gimana jane..

Pembicara  2:      eh em..

Pembicara  1:      TPS TPS iku di jojohi dewe ngunu iku yo opo iku…

Pembicara  2:      iya…

Pembicara  1:      dadi kemenangan mutlak itulo kan ..

Pembicara  2:      kan nol kan itu…

Pembicara  1:      bu khofifah itu mutlak di Bangkalan kan jebol .. amburadul itu

Pembicara  2:      amburadul (sambil ketawa).. pokoke daerah penentu itu memang madura lo pak…

Pembicara  1:      loh .. lah iya kan memang kenyataannya kan yang data nggak ada kok bisa menang itu lo .. lo itu kan

Pembicara  2:      he ha ha ha..

Pembicara  1:      yang jadi aneh itu kan itu

Pembicara  2:      (orang pertama ketawa) oreng meduro tak tak deteng nyocco tapi kok soaranah bedeh durema (orang madura tidak datang nyoblos, tapi suaranya ada… bagaimana) kan gitu lo pak yo..

Pembicara  1:      heh hehe… sampean crita..

Pembicara  2:      ya

Pembicara  1:      sampean cerita ke orangnya..

Pembicara  2:      ya endak berani cerita  wong yang pelakunya belum cerita

Pembicara  1:      hahaha e… yaa itu sudah dikondisikan dulu mas…

Pembicara  2:      kenapa mas..

Pembicara  1:      sudah dikondisikan dulu

Pembicara  2:      maksud saya dikondisikan lah iya sebelum anu itu sebelum coblosan itu sudah dicoblosi gitu maksudnya..

Pembicara  1:      iya.. jadi kan makanya saya ngomong untuk madura itukan ada tiga komponen

Pembicara  2:      Iya

Pembicara  1:      ada namanya kepala desa yang karismanya melebihi kiayi

Pembicara  2:      ya ya jelas kepala desa ……

Pembicara  1:      he’ e….ada kepala desa yang separo karismanya sama dengan kiayi dengan blaperan

Pembicara  2:      ya .. ya ya..

Pembicara  1:      ada kepala desa ndak payu sama sekali

Pembicara  2:      ya …

Pembicara  1:      la dari tiga perempat kepala desa itu memang kepala desa dimadura itu sangat vital sekali , dia bisa mempengaruhi masa…

Pembicara  2:      ya endak cuman gini lo mas yang jadi saya itu juga heran itu lo artinya khususnya inikan untuk peta ya Sampang  kalah mutlak,

Pembicara  1:      he eh..

Pembicara  2:      Bangkalan kalah mutlak,

Pembicara  1:      he he

Pembicara  2:      Sumenep menang lah ini saya ini kan ..namanya teman itu sampean kok bisa mengarahkan seperti itu dengan dua kabupaten ini sayakan termasuk katakana punya teman ini pake  ilmu yang mana..

 

Pembicara  1:      ah ha… saya ngomong awal waktu semua komponen waktu itu kita kumpul jadi H min tujuh saya kumpulkan teman teman itu disuatu tempat saya berbicara

Pembicara  2:      ya.

Pembicara  1:      ini kalau kita menjadikan gubernur yang namanya khofifah maka ini sama halnya kita akan menjadikan raja untuk dua raja…dijadikan ratu untuk dua raja

Pembicara  2:      Trus inilo mas ada yang heran coba saya inikan kok saking kompaknya dikomando ya sampe ada ..yang dapat nol itu critanya gimana..

Pembicara  1:      ya itu…didesa by pajung itu namanya desa lo pajung bukan hal bukan hal yang ..yang apa itu … biasa seperti pak Hedi…

Pembicara  2:      ditempatnya pak Abdul Manab itu lo by pajung ..by pajung sama…

Pembicara  1:      Itu gini lo pak edi… mulai jamannya pak harto sudah kayak gitu lo pak edi…

Pembicara  2:      Tahu tahu saya mas.. saya 2004 berkiprah dengan sampean kan gitukan Cuma yang heran kenapa masio setung kan mestinya ada kok bisa nol itu lo…

Pembicara  1:      he he he.. saya yakin kalau mau diulang kembali khususe by bajung misalkan mau diangkat ke MK diulang kembali hasilnya sama mas…hasilnya saya yakin seperti itu percaya kalau saya… mau dari mabes turun mau dari jawa timur turun mau jin  mau malaikat selain Allah … ya turun hasilnya sama mas kaya gitu

Pembicara  2:      ya.. trus…besok kan ada dua tempat yang kosong itu mas

Pembicara  1:      eh em

Pembicara  2:      by pajung sama mana itu lo…

Pembicara  1:      eh em

Pembicara  2:      ya itu kosong saya mikir wah ini saking mandinya ini adik saya yang ganteng ini untuk mempengaruhi …

Pembicara  1:      Saya ngomong gini.. diteman teman ngomong gini sudah kalau nanti ada pemilihan ulang kita buktikan lagi ke Nyala dengan Ali Badri … hasilnya harus sama. Kalau mau diulang misalkan oleh MK diulang khusus by pajung dengan ini diulang lagi hasilnya seperti itu pak edi .. percaya ke saya

Pembicara  2:      Tapi ndak mungkin diulang mas karena ini nanti kelihatannya ada ….kelihatan bentrok besar ini kalau …. Kelihatannya endak menang jadi kalah inilo walaupun keputusannya MK perang ini nanti

 

Pembicara  1:      Iya

Pembicara  2:      dek mana ini nanti

Pembicara  1:      ya enggak pa pa lah peranglah biar enak lah, sampean dengan saya biar makan mak pak.. ya. e..

Pembicara  2:      Saya ini harus dikubu mana nih wong kemarin juga …ini tak tolak…

Pembicara  1:      Sekarang ke Karsa besok ke Kaji selang ke Karsa selang ke Kaji kan nggak papa

Pembicara  2:      wah jangan mas

Pembicara  1:      (sambil ketawa) Oh itu ya.. ya ikut saya aja di Karsa aja ya….

Pembicara  2:      Identitas itu satu karena ini nanti kemungkinan besar …

Pembicara  1:      eh em…

Pembicara  2:      Kalau andai kata ini ya..andai kata..

Pembicara  1:      eh em..

Pembicara  2:      pertama kan Kaji menang, ini ini kita ulasan untuk 2009

Pembicara  1:      ya… ya..

Pembicara  2:      Kaji menang akhirnya kalah yang jelas kalau kita sih tahu mungkin ada kecurangan lah ya…

Pembicara  1:      Ya ya…

Pembicara  2:      Kecurangan itu untuk memenangkan Karsa kan gitu

 

Pembicara  1:      yaya

Pembicara  2:      ini nanti kalau ke MK ini ganti Karsa yang menang bagaimana kira-kira… ee…apa kaji yang menang…

Pembicara  1:      Ginilo mas Edi ya… prodiksi politik saya MK itu Makhfud MD…. Makhfud MD itu asal orang Sampang pak.. dia sangat dekat sekali dengan boss saya bapak Fuad Amin. Sungguh sangat ironis sekali kalau pak Makhfud MD ini membatalkan kemenangan Karsa, saya yakin dengan filing politik saya Bos saya Ki Fuad ini sudah jitu filing politiknya … saya yakin tetap dimenangkan Karsa. Kalaupun diulang itu hanya TPS TPS yang tidak mempengaruhi…

Pembicara  2:      Oh berani ya kalau umpama diulang gitu berani mas…

Pembicara  1:      Berani… berani mas…

Pembicara  2:      Taruhannya apa kalau berani umpama nanti terbalik gitu saya ini kan eman kalau Karsa ini nanti jadi kalah.. Cuman inilo mas saya sendiri kan dengan peristiwa ini nanti digabungkan dengan 2009 saya ini yang heran itu sampai ada dua tempat ini yang nol di by pajung labun manab itu ya……

Pembicara  1:      (ketawa) iya haha

Pembicara  2:      lapbun manab itu kira kira kenal saya enggak…

Pembicara  1:      kayaknya beliau sedang sakit Mas Edi

Pembicara  2:      Tujuh tempat ya yang nol dimadura dibangkalan tujuh tempat ya…

Pembicara  1:      Tujuh Tempat…

Pembicara  2:      mana aja itu mas…

Pembicara  1:      yang saya tahu by pajung… ada lagi … alas kokon.. enggak tahu saya data valitnya enggak tahu…

Pembicara  2:      Alas kokon… tujuh tempat kalau enggak salah saya…

Pembicara  1:      iya … iya…

Pembicara  2:      Nanti 2009 dimainkan gitu aja mas…saya tak modal madura dari kamal sampai lo gulu itu dimainkan gitu aja untuk pil pres ya…

Pembicara  1:      iya lah…seperti dulu dulu lah…lah sekarang Kajinya nangis mas….

Pembicara  2:      loh ini kelihatannya semua mau bunuh diri nih…

Pembicara  1:      hahaha turun cepat-cepat pa edi…

Pembicara  2:      termasuk saya sudah diundang kiai Masykur diajak bunuh diri..kalau kiai Masykur kan kiai saya lama ya…

Pembicara  1:      ya ya ya…

Pembicara  2:      saya di bel waduh ini sudah nasib kiai… kalau mau bunuh diri marilah sama sama saya juga sudah …posisi ya nggak ke utara nggak keselatan .. ini nunggu pil pres saja nanti … mungkin mas prabowo kan jelas kalau bisa nyalon ya kita dukung anu gini ya saya malah ngomong gitu

Pembicara  1:      Ya… tapikan Karsa ini di Backup SBY lo mas

Pembicara  2:      ya… ya iya sih di backup SBY karena Demokratnya kan sampai anaknya opo turun si…..

Pembicara  1:      iya Widi Baskoro itu…

Pembicara  2:      Cuman inilo kalau kembali mas ya masalah lain  nanti  MK ini lo saya ini kan sampean kan lebih jelas… ki fuad amin juga sudah membackup sampean untuk segala katakanlah perjuangan ya… artinya sudah OK…kecurangan dimainkan sampean sebagai apa ya… sutradaranya yang dibackup beliau Kiai Fuad Amin dengan hubungannya kesana kemari ini ya itu intinya nanti trus kalau terjadi datelock di Jakarta inilo trus gimana apa upaya kita… apa perang aja sama orangnya Kaji ini..

Pembicara  1:      Bukan… ginilo simpel aja … sekarang beda suara 67 ribu seumpama kan…. Yang dipermsalahkan berapa ribu oleh khofifah anggalah 10 desa seumpama… 10 desa saya kalikan 5 ribu seumpama kan hanya 50 ribu mas…

Pembicara  2:      Trus ini dengan Karsa ini kan berarti pak SBY ikut ikut full berarti yo..

Pembicara  1:      oh full mas… full mas…

Pembicara  2:      full ya..

Pembicara  1:      Full Mas… yang bertengkar diatas kan taufik kemas dengan SBY mas…

Pembicara  2:      Oh ya… ya..

Pembicara  1:      kemarin itu orang-orang ketua-ketua yang kualisi khofifah itu dikumpulkan oleh Taufik Kemas

Pembicara  2:      ya.. ya… termasuk itu ya.. pramono anung trus…

Pembicara  1:      dikumpulkan ….saya ngomong …tenang aja kata teman-teman sudahlah pengamat politik itu suruh belajar banyak ke orang Madura … orang madura itu jual sate… ya..biar gimana kalau habis dimakan masak dibuang gitulo…hahaha

Pembicara  2:      nggak ini ngantisipasi iki mas waktunya kan ndak panjang ya…

Pembicara  1:      Ya..

Pembicara  2:      saya baca dikoran… hari senin itu digelar sidang … nanti klu sidang ini kira kira Kaji menang lagi … apa komandonya kiai fuad ke sampean termasuk nanti apa saya diajak untuk perang

Pembicara  1:      enggak…. Gini… kalau analisis hukum saya sebagai orang hukum orang itu mempunyai goal perkara … orang goal perkara dia punya bukti-bukti.. pertama dalam pemilu bukti yang paling valit adalah form C2… nah sekarang kalau C2 sudah di teken oleh saksi Kaji dari tingkat PPS tingkat PPK sampai kabupaten … MK mau ngomong apa mas….

Pembicara  2:      ya iya sih… cuman .. cuman kan meraka berani nuntut itukan ada bukti mas….

Pembicara  1:      ya… buktinya… buktinya apa mas….

Pembicara  2:      yang jelas … kalau mungkin diBangkalan sudah dikondisikan di jojohi sendiri itu kan mutlak tidak bisa dilihat buktinya kan… artinya kaya sampang .. kayak ini.. tapi kalau yang seperti di sumenep sama pamekasan ..kan lain critanya kan begitu..

1;                        Ha… critanya gimana Pamekasan dan sumenep

Pembicara  2:      Ndak artinya untuk pengkondisianya itulo setingnya itukan yang mutlak bagus itukan di Bangkalan sama Sampang kan..

Pembicara  1:      Ya…

Pembicara  2:      Itulo umpama nanti itu terjadi datelock disana dibuka anu ini terjadi …

Pembicara  1:      ya enggak apa apa…

Pembicara  2:      Ganti arahnya keot berarti ..

Pembicara  1:      jelas mas

Pembicara  2:      perang ya…

Pembicara  1:      perang itu mas…

Pembicara  2:      o… ya… termasuk ..makanya inikan ki Fuad ini juga sebagai komandan jawatimur ini katanya sampean kan….. Jawa timur ini kan apa katanya ki Fuad kan gitu….

Pembicara  1:      Iya…

Pembicara  2:      Komandannya Ki Fuad terus komandan bawahnya kan sampean gitulo mas…

Pembicara  1:      hehehe… prajurit….

Pembicara  2:      Prajurit…la saya kan kurir lah enggak pa pa yang penting … tapi selama ini … sampean juga …..dengan pak SBY ni mestinya dapat banyak Pese ini… mana saya …

Pembicara  1:      mana belum… belum mas…

Pembicara  2:      Lo belum kapan kapan … wong sudah menang kok belum nih ….

Pembicara  1:      lo kan menunggu penetapan KPU Pleno…

Pembicara  2:      oo… tapi klu menang sampean oleh pesean nih ya….

Pembicara  1:      ya… walaupun enggak dapat banyak saya kan ditolong kepentingan saya nanti mas….

Pembicara  2:      nah saya ini kan narik bagian nih…..

Pembicara  1:      ya… nantilah kalau …

Pembicara  2:      Kirain.. kalau nanti-nanti repot nih… pas Lopa…

 

 

Pembicara  1:      Bener … belum jelas ke kita-kita ini..

Pembicara  2:      Jadi positif ini ya sudah ….seperti itu ya mainnya Bangkalan itu…biar kapok dicurangi ya masa bodoh mati matilah Kaji kan gitu….

Pembicara  1:      mau ngomong keadilan mau ngomong kecurangan kasep mas….

Pembicara  2:      Lo ya iya kan memang itu blankonya dijojohi Karsa yo wis sah memang mas sapa yang … malaikat tidak bisa mebuktikan…..

Pembicara  1:      hahahahaha

Pembicara  2:      Saya ingat wah actor intelektualnya ini ya.. wong yang ganteng dia….apa lagi dibackup Fuad

Pembicara  1:      Iya…

Pembicara  2:      Ki Fuad itu ya… juga keluar duit banyak kelihatannya….untuk anak-anak kemarin apa itu

Pembicara  1:      Iya sebagai … sebagai itulah wong anak politik mas….kalau ki fuad anaknya… ayah fuad itu cucunya saifuna Holil…orang kan sama-sama tahu mas…

Pembicara  2:      Iya….

Pembicara  1:      Guru ini sampai di….disentuh kulitnya gimana rasanya orang madura… kan gitu…

Pembicara  2:      Duitnya keluar banyak tapi dapatnya darimana itu mas….apa dari SBY itu…

Pembicara  1:      Enggak tahu mas…. Saya enggak tahu….

Pembicara  2:      lo .. katanya sampean wah pesenya dari Bupati….lah saya ini kan perlu didaftarkan dapat gitulo mas…

Pembicara  1:      ya… spontanitas saja kita… merapat-merapat gitu….urusan politik kelas tingginya saya enggak tahu urusan berilaulah

Pembicara  2:      Cuman ini sekedar intermeso yo mas….seperti ki Fuad itukan kan juga saya kagum sudah keluar duit dapatnya nanti belum…mau ngasih saya nanti ya… anehnya kabar burung ini .. Karwo itu katanya anaknya PKI Mas…kok bisanya pak kiai Fuad bela anak PKI itulo mas…nah saya kan agak agak sedikit tersentuh juga itu karena….saya dulu dipecat dari militer itu diduga  menantu PKI kan gitu ini kan sakit gitu lo…

Pembicara  1:      Kalau saya yakin, memang pak Karwo itu anggaplah anak PKI … saya yakin.. tapi yang lebih… lebih hati kecil saya ini .. lo wong pak Karwo dibawa Pak Imam ke SBY

Pembicara  2:      Ya…

Pembicara  1:      Ya k an….yang bawa pak Karwo kan pak Imam… ya mestinya kalau memang Karwo itu memang anaknya PKI enggak kenapa kita habisi waktu dulu kenapa oleh democrat dicalonkan kan gitu….

Pembicara  2:      Ya… karena SBY kan butuh dukungan nanti mas….

Pembicara  1:      klu saya harap anu kalau politik saya simpel aja mas edi… karwo jadi gubernur 6 bulan aja enggak usah banyak-banyaklah…

Pembicara  2:      6 bulan….

Pembicara  1:      ya ganti gus ipul gitu ajalah….

Pembicara  2:      opo mau pak karwonya….

Pembicara  1:      ya kalau kasusnya sudah numpuk….

Pembicara  2:      o… gitu ya… ooo maksud sampean kalau terbongkar gitu….

Pembicara  1:      anggaplah gitulah-gitulah… dia jadi sekda…

Pembicara  2:      wakil gubernurnya saya berarti….

Pembicara  1:      ha… ya….

Pembicara  2:      hahaha

Pembicara  1:      ya jadi gubernur 6 bulan saja …habis itu kena kasus…sehubungan dengan kena kasus sekda inilah inilah itulah KPK lah dan lain-lain habis itu kena kasus.. ipul naik kan itukan mas…

Pembicara  2:      ya…. Gus ipul ditunjuk lagi

Pembicara  1:      Kalau saya jujur pikirannya kayak gitulah

Pembicara  2:      ya ya… OK lah… trus perjuangan ini dilanjutkan kapan bisa … ini  2009 lah atau nunggu nunggu perta pora perayaan .. setelah MK ya….

Pembicara  1:      ya… setelah MK mas…

Pembicara  2:      Tapi salam saya nanti kepada mertua ini ya… saya belum bisa kesana ni kekebun mojo ni…

Pembicara  1:      ya…

Pembicara  2:      ok pak edi enggeh Assalam…

Pembicara  1:      Wa’alaikum Salam

 

Tags: , , ,

Leave a Reply

